Kamis, 23 April 2009

Semboyan 3R untuk Hidup yang Lebih Baik

Isu semacam global warming sudah tak asing lagi di telinga kita semua. Akan tetapi walaupun isu ini sudah sering di dengungkan masih banyak diantara kita yang menutup mata akan ancaman global warming dan semacamnya. Sering kali kesadaran kecil yang dapat membantu pengurangan effect global warmingpun lenyap karena kebiasaan kita menutup mata terhadap semua ini.

Sebenarnya relatif mudah bagi kita yang mau sedikit berusaha mengurangi efek global warming ini. Cara yang paling ampuh dan mudah adalah jangan buang sampah anda sembarangan lebih lanjut lagi buanglah sampah sesuai kategori sampah tersebut, organik atau anorganik. Hanya dengan seperti itu saja anda sudah bisa membantu bumi kita.

Jika semua masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka lingkungan akan terlihat asri. Tidak kumuh, kotor. Selain itu apabila sampah dipisahkan organik atau anorganik akan memudahkan bagi kita untuk mendaur ulang (Recycle) sampah tersebut. Jika sampah kita tidak di daur ulang maka inilah yang akan terjadi.

Apa sih akibatnya ???

Mungkin jika sampah organik tidak di daur ulang kita tidak perlu khawatir karena sampah-sampah tersebut akan terurai oleh bakteri dengan mudah. Seperti penguraian sampah yang dilakukan Mycobacterium sp. atau Escherichia coli. Jangka waktu penguraiannya pun relatif singkat. 2 minggu sampai 1 bulan kemudian sampah organik akan terurai. Dan hasil penguraiannya berguna bagi tanah sebagai penyubur.

Yang dikhawatirkan adalah sampah anorganik. Yang tergolong sampah seperti ini ; plastik, kain sintetis, kaleng. Sampah-sampah seperti itu sangat sulit diuraikan oleh bakteri. Dibutuhkan waktu 5 tahun atau bahkan lebih bagi sebuah sampah anorganik agar terurai oleh bakteri. Bayangkan jika 1 triliun (1,000,000,000,000) orang di dunia membuang sampah anorganiknya sembarangan di tanah. Mengharapkan sampah itu akan terurai dengan sendirinya. Dalam 5 tahun saja bumi akan tertutup sampah anorganik dan mungkin manusia akan lenyap??? Apalagi jika hal itu benar-benar tejadi maka kualitas tanah pun akan berkurang dan kegiatan bercocok tanam akan semakin langka.


Cara mengantisipasi???

Oleh karena itu untuk mengantisipasinya bantulah orang-orang disekitar anda yang sangat mencintai lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sesuai dengan kategorinya. Atau mungkin jika anda sudah mulai tertarik untuk memelihara bumi ini lebih jauh lagi anda bisa menggunakan 3R.

Apa itu ???


3R adalah cara yang bisa dibilang ampuh untuk mengatasi masalah sampah anda.

Reduce

- Anda bisa mengurangi penggunaan barang yang tidak terlalu anda butuhkan (aksesoris baru dll. )

- Mengurangi penggunaan barang yang bisa merusak lingkungan. ( CFC pada parfum anda)

- Kurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Gunakan tisu sehemat mungkin. Kalau bisa hindari pemakaian print preview.

- Baca koran online.

- Bila berbelanja bawa saja plastik belanjaan dari rumah agar mengurangi sampah plastik anda

Reuse

- Pemakaian kembali plastik yang anda miliki. Hal ini bisa membantu langkah penghematan anda.

- Pemakaian kembali kertas printan bolak-balik.

- Menyumbangkan baju bekas anda pada yatim piatu atau panti asuhan agar bisa di pakai lagi.

Recycle

- Yang paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda dengan bantuan bakteri khusus tentunya.

- Menggunakan bekas botol plastik air minum, kaleng cat bekas sebagai pot tanaman.

- Mendaur ulang kertas

- Mendaur ulang sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis (tas dll. )

Epilog...

Cukup mudah bagi anda jika ingin melakukan semua itu. Sekarang semua tergantung niat untuk memelihara lingkungan yang ada di dalam diri anda. Apakah tekad anda sudah bulat???

SAVE THE WORLD

TO MAKE YOUR LIFE WORTH ! ! !

2 komentar:

  1. Great! Thanks for reminding the recycling processes, guys. Could we have the English version, so UK schools students can understand what you have written?

    Teguh S.
    http://sirteguh.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Queency.. erlina
    um stephanie agnes kah?
    masih inget aku gag?
    aduh kangen banget de
    dan aku juga bener2 bangga punya temen kyk kalian smua
    keren de
    ^^
    pertahankan yaa. ^^
    senang iaa~
    will miss u all..
    GBU all..

    BalasHapus